7 Tips Sukses Raih Beasiswa di Universitas Luar/Dalam Negeri

171

Melanjutkan pendidikan ke jenjang kuliah hingga ke tingkat yang lebih tinggi memang menjadi impian semua orang. Dengan pendidikan yang tinggi juga bisa menunjang kesuksesan karier di masa depan.

Walau semakin mahalnya biaya perkuliahan, tidak menghalangi niat mereka yang ingin mendapatkan gelar Sarjana, Master, Doctor ataupun Profesor. Sekarang ini sudah banyak orang yang mulai mencari dan mengikuti program beasiswa agar mereka bisa lanjut ke bangku kuliah secara gratis.

Banyak program-program beasiswa yang ditawarkan baik dari pemerintah yang bekerja sama dengan universitas dalam negeri maupun luar negeri. Beasiswa ini ditujukan untuk siswa-siswa yang berprestasi dan tentunya yang memiliki keinginan kuat melanjutkan pendidikan ke jenjang kuliah.

Nah, bagi kamu yang sudah berniat melanjutkan kuliah di univesritas impian dengan jalur beasiswa, simak tujuh tips berikut ini agar setiap prosesnya bisa berjalan dengan lancar dan lulus beasiswa dengan hasil yang terbaik.

 

1. Tentukan Jurusan dan Universitas yang Diinginkan

kampus
Tentukan jurusan dan universitas yang diinginkan

Sabar dulu, jangan terburu-buru langsung memilih program beasiswa yang akan dijadikan sebagai batu loncatan agar bisa kuliah di universitas impian. Hal paling utama yang perlu diperhatikan adalah pastikan jurusan dan universitas yang dipilih sesuai dengan minat kamu. Jangan sampai, ketika sudah berjalannya perkuliahan merasa menyesal karena program studi yang diambil tidak sejalan dengan minat atau bahkan tidak nyaman dengan universitas yang dipilih.

Kedua hal ini tentunya bisa saja dihindari, yaitu dengan mengenali minat dan bakatmu sejak dini. Biasanya studi yang dipilih berdasarkan minat dan bakat akan membuahkan hasil yang baik. Selain itu, pilihan universitas yang sesuai dengan keinginan juga akan mendukung semangat kuliahmu.

2. Temukan Program Beasiswa yang Tepat

Selanjutnya yang perlu diperhatikan dengan teliti adalah ketika ingin memilih program beasiswa. Dalam proses ini tentunya tidak bisa sembarang pilih, mengingat beasiswa ini akan berkaitan dengan studi dan universitas yang telah ditentukan sejak awal.

Misalnya saja, kamu ingin mengambil jurusan fashion dan kuliah di salah satu universitas Paris, maka secara otomatis kamu harus memilih program beasiswa yang diselenggarakan oleh pemerintah Paris atau dalam negeri yang bekerja sama dengan banyak perguruan tinggi di Paris

Agar program beasiswa tidak salah pilih alias tepat sasaran, sering-seringlah kunjungi website resmi yang sesuai dengan universitas yang dituju. Pada umumnya, pihak penyelenggara akan mengumumkan informasi secara menyuluruh dan lengkap mengenai beasiswa ini sejak jauh hari.

3. Perhatikan Kelengkapan Dokumen dan Persyaratan

dokumen
Perhatikan kelengkapan dokumen

Bila sudah mendapatkan program beasiswa yang tepat, jangan lupa simak semua informasi yang tertera pada pengumumannya. Jika perlu catat informasi yang dirasa penting di buku catatan atau smartphone mulai dari tgl pendaftaran, deadline, dokumen dan persayaratan mengikuti program beasiswa tersebut.

Menyoal dokumen dan persyaratan tersebut jangan dianggap remeh, salah satu berkas saja ada yang terlupakan maka bisa dipastikan kamu gagal dalam mengikuti program beasiswa.

Alangkah baiknya, setelah menyimak informasi tersebut segera lengkapi dokumen dan persyaratan apa saja yang diperlukan. Kemudian siapkan berkas-berkas tersebut dengan susunan yang rapi dan masukan ke dalam satu map, sehingga tidak berantakan dan terhindar dari dokumen yang hilang.

4. Buat CV yang Menarik

Curriculume Vitae atau lebih dikenal dengan CV ini tidak hanya diperlukan saat melamar pekerjaan saja tapi juga menjadi salah satu kelengkapan dokumen dan persyaratan dalam mengikuti program beasiswa. Sebelum tanggal pendaftaran beasiswa tiba, tak ada salahnya buat CV mulai dari sekarang agar hasil CV bisa lebih maksimal. Jangan lupa, buat CV dengan tampilan yang profesional tanpa melupakan unsur kreativitas.

Jika pada umumnya, CV hanya menmpilkan gambaran secara umumnya saja, kini buatlah dengan lebih detail. Perhatikan kebenaran biodata, pendidikan formal dan non-formal yang pernah diikuti, prestasi yang pernah diraih, pengalaman saat magang atau ketika mengikuti lomba, dan keahlian. Dengan begitu, CV kamu akan terlihat lebih menarik.

Baca Juga: 7 Cara Cerdas Lulus Kuliah Tepat Waktu Bagi Mahasiswa

5. Daftarkan Diri dengan Cepat

register
Daftarkan diri dengan cepat

Setelah semua berkas bisa dipastikan sudah lengkap, jadwal pendaftaran beasiswa sudah tiba, jangan menunda waktu lagi. Sebaiknya segera daftarkan diri dengan cepat, sebab setiap program beasiswa memiliki kuota dan pastinya akan ada ribuan orang dari berbagai macam negara yang mengikuti program beasiswa tersebut. Jangan sampai kamu gagal mengikuti beasiswa karena kuota sudah habis.

Agar tanggal pendaftaran beasiswa tidak terlupakan, catat atau tandai di setiap kalender yang kamu miliki baik di rumah maupun di tempat kerja atau juga bisa membuat alarm kalender di smartphone.

6. Kursus Bahasa Asing

Khusus buat kamu yang mengincar beasiswa di luar negeri, sangat penting memiliki keahlian lebih dalam berbahasa asing. Setidaknya kamu bisa menguasai dua bahasa, yaitu bahasa Inggris dan bahasa negera tujuan.

Perlu diingat, sampai sekarang ini bahasa Inggris menjadi bahasa asing yang menjadi elemen penting dalam beasiswa. Hampir semua beasiswa menetapkan, bagi kandidat beasiswa harus memiliki nilai atau skor TOEFL yang baik, yaitu antara 450 – 500.

Jika saat ini kamu masih merasa kurang menguasai bahasa asing tersebut, enggak ada kata terlambat untuk belajar lagi. Mulailah belajar dengan tekun dan disiplin, jika perlu jangan pernah malu mengikuti kursus bahasa asing dari awal lagi. Lakukanlah demi mewujudkan impian kuliah di luar negeri secara gratis dengan jalur beasiswa.

Baca Juga: Biaya Kuliah Mahal? Ini 7 Cara Mencari Dananya

7. Siapkan Diri untuk Mengikuti Tes Penyeleksian

ujian
Siapkan diri untuk mengikuti tes penyeleksian

Mendaftarkan diri dengan mengajukan atau mengumpulkan dokumen lengkap saja tidak bisa menyatakan kamu sudah lulus beasiswa, ada tahapan lagi yang perlu diikuti yaitu mengikuti tes baik tertulis dalam essay ataupun wawancara. Tes ini sering kali membuat banyak orang gugup sehingga proses pengerjaannya tidak berjalan lancar, sehingga hasilnya tidak sesuai dengan harapan.

Rasa gugup ini tentunya bisa hilang, bila mempersiapkannya sejak awal dengan matang. Pelajari semua ilmu yang bersangkutan dengan jurusan yang dipilih, pengetahuan sosial, dan pengetahuan umum lainnya. Saat mengerjakan essay, tidak harus terburu-buru menyelesaikan tugas. Selama masih diberikan kesempatan waktu, maka manfaatkanlah dengan baik.

Cerna lebih teliti dalam mengidentifikasi tema essay yang diberikan. Buatlah draf pemikiran terlebih dahulu agar bisa lebih mudah dalam pengerjaannya. Ingat, walau menggunakan berbagai macam refrensi sebagai bahan essay, tetaplah pertahankan keaslian essay kamu.

Berusaha yang Terbaik

Jika sudah memiliki tekad yang bulat mengikuti beasiswa untuk melanjutkan kuliah di dalam negeri maupun luar negeri, maka jangan ada keraguan lagi. Yakinkan diri sendiri bahwa kamu bisa lulus mendapatkan beasiswa dan kuliah di perguruan tinggi impian. Lakukanlah dengan bersungguh-sungguh mulai dari persiapan, proses penyeleksian hingga tahap terakhir. Jika mengalami kegagalan, jangan cepat menyerah. Bangkitkan diri untuk mengikuti program beasiswa yang lain. Jangan lupa imbangi usaha dan kerja kerasmu dengan dukungan dan doa dari orang tua. Tetap semangat menggapai cita-cita! (elshinta.com)